Visualisasi Perilaku yang Menunjukkan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Materi PPKn Kelas 1 MI / SD K-13
Visualisasi Bentuk Perilaku yang Menunjukkan Kompetensi Inti (KI)
dan Kompetensi Dasar (KD) Materi PPKn Kelas 1 MI / SD K-13
Disusun Oleh:
Nama: Syifaul Lathifah
NIM: 1410310073
Dosen Pengampu: Primi Rohimi, S.Sos, M.SI
Mata Kuliah: Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
MI/SD
Kompetensi Inti (KI) Kelas 1 Materi PPKn MI / SD K-13
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Kompetensi
Dasar (KD) Kelas 1 Materi PPKn MI / SD K-13
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan
beragama sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan
sekolah
2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
3.2 Mengenal
tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di
sekolah
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah.[1]
FOTO
1 ( Visualisasi KI-1 dan KD-1.1 )
PENJELASAN
VISUALISASI FOTO
1. Shalat Dzuhur Berjama’ah Bersama Adik di Rumah
Shalat Dzuhur berjama’ah bersama adik di rumah, menunjukkan
visualisasi bentuk perilaku yang sesuai dengan kompetensi inti (KI-1) materi
PPKn Kelas 1 MI yaitu menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya, yang
dijabarkan dalam bentuk kompetensi dasar (KD-1.1) materi PPKn Kelas 1 MI yaitu
menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah. Hal ini dilakukan dengan
menunjukkan sikap patuh terhadap aturan agama yang dianut dalam kehidupan
sehari-hari di rumah yaitu melaksanakan shalat dzuhur berjama’ah bersama adik
di rumah.
FOTO
2 ( Visualisasi KI-1 dan KD-1.2 )
PENJELASAN
VISUALISASI FOTO
2. Mengajari Adik Membaca Alqur’an Jilid 5 Qira’ati di Rumah
Mengajari adik membaca alqur’an jilid 5 qira’ati di rumah,
menunjukkan visualisasi bentuk perilaku yang sesuai dengan kompetensi inti (KI-1)
materi PPKn Kelas 1 MI yaitu menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya, yang dijabarkan dalam bentuk kompetensi dasar (KD-1.2) materi PPKn
Kelas 1 MI yaitu menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa di lingkungan rumah. Hal ini dilakukan dengan menunjukkan sikap
patuh terhadap aturan agama yang menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa, yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah
yaitu mengajari adik membaca alqur’an jilid 5 qira’ati di rumah.
FOTO
3 ( Visualisasi KI-2 dan KD-2.2 )
PENJELASAN
VISUALISASI FOTO
3. Memakai Seragam Sekolah Lengkap di Rumah Saat Hendak Berangkat
Sekolah
Memakai seragam sekolah lengkap di rumah saat hendak berangkat sekolah,
menunjukkan visualisasi bentuk perilaku yang sesuai dengan kompetensi inti (KI-2)
materi PPKn Kelas 1 MI yaitu memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan
guru. Yang dijabarkan dalam bentuk kompetensi dasar (KD-2.2) materi PPKn Kelas
1 MI yaitu menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku
dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
FOTO 4 ( Visualisasi KI-3 dan KD-3.2
)
PENJELASAN
VISUALISASI FOTO
4. Mengajari Adik Belajar Pelajaran Sekolah dan Membantu Adik Mengerjakan
PR di Rumah
Mengajari adik belajar pelajaran sekolah dan membantu adik
mengerjakan PR di rumah, menunjukkan visualisasi bentuk perilaku yang sesuai
dengan kompetensi inti (KI-3) materi PPKn Kelas 1 MI yaitu memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, yang dijabarkan dalam
bentuk kompetensi dasar (KD-3.2) materi PPKn Kelas 1 MI yaitu mengenal tata
tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah. Hal ini
dilakukan dengan mematuhi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari, yang
sudah ditetapkan oleh keluarga atau orang tua di rumah yaitu mengajari adik
saya belajar pelajaran sekolah dan membantu adik saya mengerjakan PR di rumah
setiap hari pada waktu malam. Karena, itu sudah menjadi tanggung jawab saya dan
perintah dari ibu saya untuk mengajari adik saya dalam belajar pelajaran
sekolah dan membantu mengatasi kesulitan adik saya di dalam mengerjakan PR di
rumah. Hal ini, bisa membuat adik saya semangat dan fokus dalam belajar, serta
senantiasa membuat adik saya giat dalam belajar setiap hari. Adanya saya
sebagai pendamping belajar yang bertugas mengajari, mengarahkan, membimbing,
dan menerangkan materi pelajaran kepada adik saya supaya faham dalam menangkap
materi pelajaran yang telah dipelajarinya setiap hari dan setiap malam di rumah.
Selain itu, ketika saya mengajarkan materi pelajaran sekolah kepada adik saya
di rumah, saya menyuruh adik saya untuk fokus mengamati, mendengar, dan melihat
penjelasan materi yang telah saya sampaikan. Kemudian, saya menyuruh adik saya
untuk memahami materi tersebut dengan menyuruhnya membaca materi pelajaran
tersebut kembali dan menanyakan kepada saya apabila belum faham. Dan sudah
menjadi aturan atau tata tertib di rumah dan di keluarga saya, bahwa setiap
malam tidak boleh menonton TV terlebih dahulu sebelum selesai belajar.
FOTO 5 ( Visualisasi KI-4 dan KD-4.2
)
PENJELASAN
VISUALISASI FOTO
5. Menaruh Sepatu di Rak Sepatu Sehabis Pulang Sekolah di Rumah
Menaruh sepatu di rak sepatu sehabis pulang sekolah di rumah, menunjukkan
visualisasi bentuk perilaku yang sesuai dengan kompetensi inti (KI-4) materi
PPKn Kelas 1 MI yaitu menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia,
yang dijabarkan dalam bentuk kompetensi dasar (KD-4.2) materi PPKn Kelas 1 MI yaitu melaksanakan tata tertib di rumah. Hal
ini dilakukan dengan membiasakan adik untuk bersikap tertib di rumah yaitu
selalu menaruh sepatu di rak sepatu sehabis pulang sekolah.
DAFTAR PUSTAKA
Notodiputro, Khairil Anwar. 2013. Kompetensi Dasar SD/MI. Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan
[1]
Khairil Anwar
Notodiputro, Kompetensi Dasar SD/MI. 2013. Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan hlm. 55
Komentar
Posting Komentar