Visualisasi Perilaku yang Menunjukkan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Materi PPKn Kelas 1 MI / SD K-13


Visualisasi Bentuk Perilaku yang Menunjukkan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Materi PPKn Kelas 1 MI / SD K-13

Disusun Oleh:
Nama: Syifaul Lathifah
NIM: 1410310073
Dosen Pengampu: Primi Rohimi, S.Sos, M.SI
Mata Kuliah: Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan MI/SD

Kompetensi Inti (KI) Kelas 1 Materi PPKn MI / SD K-13
1.  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Kompetensi Dasar (KD) Kelas 1 Materi PPKn MI / SD K-13
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah.[1]

FOTO 1 ( Visualisasi KI-1 dan KD-1.1 )


PENJELASAN VISUALISASI FOTO
1.  Shalat Dzuhur Berjama’ah Bersama Adik di Rumah
Shalat Dzuhur berjama’ah bersama adik di rumah, menunjukkan visualisasi bentuk perilaku yang sesuai dengan kompetensi inti (KI-1) materi PPKn Kelas 1 MI yaitu menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya, yang dijabarkan dalam bentuk kompetensi dasar (KD-1.1) materi PPKn Kelas 1 MI yaitu menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah. Hal ini dilakukan dengan menunjukkan sikap patuh terhadap aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah yaitu melaksanakan shalat dzuhur berjama’ah bersama adik di rumah.
  
FOTO 2 ( Visualisasi KI-1 dan KD-1.2 )




PENJELASAN VISUALISASI FOTO
2.  Mengajari Adik Membaca Alqur’an Jilid 5 Qira’ati di Rumah
Mengajari adik membaca alqur’an jilid 5 qira’ati di rumah, menunjukkan visualisasi bentuk perilaku yang sesuai dengan kompetensi inti (KI-1) materi PPKn Kelas 1 MI yaitu menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya, yang dijabarkan dalam bentuk kompetensi dasar (KD-1.2) materi PPKn Kelas 1 MI yaitu menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah. Hal ini dilakukan dengan menunjukkan sikap patuh terhadap aturan agama yang menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa, yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah yaitu mengajari adik membaca alqur’an jilid 5 qira’ati di rumah.

FOTO 3 ( Visualisasi KI-2 dan KD-2.2 )
 



PENJELASAN VISUALISASI FOTO
3.  Memakai Seragam Sekolah Lengkap di Rumah Saat Hendak Berangkat Sekolah
Memakai seragam sekolah lengkap di rumah saat hendak berangkat sekolah, menunjukkan visualisasi bentuk perilaku yang sesuai dengan kompetensi inti (KI-2) materi PPKn Kelas 1 MI yaitu memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru. Yang dijabarkan dalam bentuk kompetensi dasar (KD-2.2) materi PPKn Kelas 1 MI yaitu menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.

FOTO 4 ( Visualisasi KI-3 dan KD-3.2 )




PENJELASAN VISUALISASI FOTO
4.  Mengajari Adik Belajar Pelajaran Sekolah dan Membantu Adik Mengerjakan PR di Rumah
Mengajari adik belajar pelajaran sekolah dan membantu adik mengerjakan PR di rumah, menunjukkan visualisasi bentuk perilaku yang sesuai dengan kompetensi inti (KI-3) materi PPKn Kelas 1 MI yaitu memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, yang dijabarkan dalam bentuk kompetensi dasar (KD-3.2) materi PPKn Kelas 1 MI yaitu mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah. Hal ini dilakukan dengan mematuhi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari, yang sudah ditetapkan oleh keluarga atau orang tua di rumah yaitu mengajari adik saya belajar pelajaran sekolah dan membantu adik saya mengerjakan PR di rumah setiap hari pada waktu malam. Karena, itu sudah menjadi tanggung jawab saya dan perintah dari ibu saya untuk mengajari adik saya dalam belajar pelajaran sekolah dan membantu mengatasi kesulitan adik saya di dalam mengerjakan PR di rumah. Hal ini, bisa membuat adik saya semangat dan fokus dalam belajar, serta senantiasa membuat adik saya giat dalam belajar setiap hari. Adanya saya sebagai pendamping belajar yang bertugas mengajari, mengarahkan, membimbing, dan menerangkan materi pelajaran kepada adik saya supaya faham dalam menangkap materi pelajaran yang telah dipelajarinya setiap hari dan setiap malam di rumah. Selain itu, ketika saya mengajarkan materi pelajaran sekolah kepada adik saya di rumah, saya menyuruh adik saya untuk fokus mengamati, mendengar, dan melihat penjelasan materi yang telah saya sampaikan. Kemudian, saya menyuruh adik saya untuk memahami materi tersebut dengan menyuruhnya membaca materi pelajaran tersebut kembali dan menanyakan kepada saya apabila belum faham. Dan sudah menjadi aturan atau tata tertib di rumah dan di keluarga saya, bahwa setiap malam tidak boleh menonton TV terlebih dahulu sebelum selesai belajar.
   
FOTO 5 ( Visualisasi KI-4 dan KD-4.2 )



PENJELASAN VISUALISASI FOTO
5.  Menaruh Sepatu di Rak Sepatu Sehabis Pulang Sekolah di Rumah
Menaruh sepatu di rak sepatu sehabis pulang sekolah di rumah, menunjukkan visualisasi bentuk perilaku yang sesuai dengan kompetensi inti (KI-4) materi PPKn Kelas 1 MI yaitu menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia, yang dijabarkan dalam bentuk kompetensi dasar (KD-4.2) materi PPKn Kelas 1 MI  yaitu melaksanakan tata tertib di rumah. Hal ini dilakukan dengan membiasakan adik untuk bersikap tertib di rumah yaitu selalu menaruh sepatu di rak sepatu sehabis pulang sekolah.



DAFTAR PUSTAKA
Notodiputro, Khairil Anwar. 2013. Kompetensi Dasar SD/MI. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 




[1] Khairil Anwar Notodiputro, Kompetensi Dasar SD/MI. 2013. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  hlm. 55

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hakikat, Fungsi dan Tujuan Pendidikan PKN di SD/MI

Kajian Buku 2013 Tentang Penilaian dalam Kurikulum 2013 Membantu Guru dan Calon Guru Mengetahui Langkah-langkah Penilaian Pembelajaran