Kajian Buku 2013 Tentang Penilaian dalam Kurikulum 2013 Membantu Guru dan Calon Guru Mengetahui Langkah-langkah Penilaian Pembelajaran
Kajian Buku Tentang Penilaian dalam Kurikulum 2013 Membantu Guru
dan Calon Guru Mengetahui Langkah-Langkah Penilaian Pembelajaran Dilengkapi
dengan Pedoman Teknis Penilaian Autentik dan Teknik Penilaian Hasil Belajar
(Aspek Kognitif, Afektif dan Psikomotor) Karya Dr. Sunarti, M.Pd dan Selly
Rahmawati, M.Pd
Disusun Oleh :
Nama: Syifaul Lathifah
NIM: 1410310073
Mata Kuliah: Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
MI/SD
Dosen Pengampu: Primi Rohimi, S.Sos, M.SI
Buku yang berjudul “Penilaian dalam Kurikulum 2013 Membantu Guru
dan Calon Guru Mengetahui Langkah-Langkah Penilaian Pembelajaran Dilengkapi
dengan Pedoman Teknis Penilaian Autentik dan Teknik Penilaian Hasil Belajar
(Aspek Kognitif, Afektif dan Psikomotor)” Karya Dr. Sunarti, M.Pd dan Selly
Rahmawati, M.Pd terdiri dari 9 Bab. Bab
1 berisi Penilaian Berdasarkan Kurikulum 2013 yang membahas tentang konsep
kurikulum 2013. Konsep kurikulum 2013, menekankan pada dimensi pedagogik modern
yaitu menggunakan pendekatan ilmiah (scientific approach) dalam
pembelajaran yang meliputi mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan membentuk.
Melalui pendekatan itu, diharapkan siswa memiliki kompetensi sikap,
keterampilan, dan pengetahuan yang jauh lebih baik. Sehingga nantinya mereka
akan lebih kreatif, inovatif dan lebih produktif dalam memasuki masa depan yang
lebih baik. Selain itu, pada Bab 1 ini juga membahas tentang Penilaian
Kurikulum 2013. Penilaian dalam Kurikulum 2013, lebih ditekankan pada penilaian
autentik. Penilaian kurikulum 2013, menekankan pada aspek kognitif, afektif,
psikomotorik secara proporsional sesuai dengan karakteristik peserta didik dan
jenjangnya yang sistem penilaiannya berdasarkan tes dan portofolio yang saling
melengkapi. Pembahasan terakhir pada Bab 1 yaitu Karakteristik Penilaian
Kurikulum 2013 mencakup belajar tuntas, penilaian autentik, penilaian
berkesinambungan, menggunakan teknik penilaian yang bervariasi, berdasarkan
acuan kriteria (KKM).
Pada Bab 2 membahas Pengertian, Tujuan, Prinsip, Cakupan, dan Ranah
Penilaian. Berdasarkan Permendikbud no 66 tahun 2013 tentang standar penilaian
pendidikan merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur
pencapaian hasil belajar peserta didik secara sistematis dan berkesinambungan.
Tujuan Penilaian yaitu memberikan penghargaan terhadap pencapaian belajar
siswa, memperbaiki program serta kegiatan pembelajaran. Prinsip Penilaian dalam
Kurikulum 2013 yaitu objektif, terpadu, ekonomis, transparan, akuntabel, dan
edukatif. Cakupan Penilaian menurut Permendikbud no. 66 Tahun 2013 mencakup
penilaian autentik, penilaian diri, penilaian portofolio, ulangan harian,
ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, ujian tingkat kompetensi,
ujian nasional, ujian sekolah/madrasah. Ranah Penilaian kurikulum 2013 mencakup
ranah kognitif, ranah psikomotor, dan ranah afektif.
Pada Bab 3 membahas Teknik dan Pelaksanaan Penilaian. Teknik
Penilaian yaitu berdasarkan teknik tes, observasi, penugasan, portofolio,
proyek, produk, inventori (skala psikologis), jurnal, penilaian antar teman.
Adapun, Tahap Pelaksanaan Penilaian yaitu menentukan tujuan, menentukan rencana
penilaian, penyusunan instrumen penilaian, pengumpulan data atau informasi,
analisis dan interpretasi, tindak lanjut.
Pada Bab 4 membahas Penilaian Autentik. Penilaian kurikulum 2013
menggunakan penilaian autentik yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan
psikomotorik. Bentuk penilaian kognitif berupa tes tertulis, tes lisan, dan
penugasan/proyek. Bentuk penilaian Afektif berupa penilaian sikap, minat,
nilai, dan konsep diri. Skala pengukuran afektif menggunakan Skala Likert (SS,
S, TS, STS), Skala Guttmann (ya-tidak), Skala Beda Semantik (pilhan
ganda/checklist yang jawabannya berlawanan), rating scale (angka yang
ditafsirkan menjadi data). Bentuk penilaian psikomotor meliputi tes unjuk
kerja, proyek, portofolio, dan penilaian produk.
Pada Bab 5 membahas Penyusunan Tes Hasil Belajar. Langkah-langkah
penyusunan tes yaitu pengembangan kisi-kisi, menulis soal tes, telaah butir
tes, uji coba instrumen penilaian, analisis empiris kualitas instrumen,
merevisi tes, dan menafsirkan hasil tes.
Pada Bab 6 membahas Validitas dan Reliabilitas Tes. Validitas itu
dapat mengukur apa yang akan diukur. Validitas tes dibedakan menjadi validitas
isi, validitas konsep, validitas kriteria, validitas sejalan, dan validitas
prediktif. Teknik pengujian validitas tes yaitu menggunakan korelasi product
moment, teknik t-test. Reliabilitas Tes (derajat kepercayaan tes) menggunakan
pengukuran konsistensi eksternal (korelasi product moment), pengukuran
konsistensi internal (teknik belah dua, koefisien alpha, rumus KR-20 & 21).
Pada Bab 7 membahas Analisis Butir Soal. Analisis butir soal
merupakan kegiatan yang harus dilakukan oleh guru dalam mengembangkan instrumen
penilaian. Analisis ini ada 2 cara yaitu analisis secara kualitatif dan
analisis secara kuantitatif.
Pada Bab 8 membahas Analisis Data Hasil Tes yang mencakup
penyusunan tabel distribusi frekuensi, penghitungan nilai rata-rata, median,
modus, dan simpangan baku. Pengubahan skor mentah ke nilai jadi adalah dengan
menggunakan penilaian acuan norma (PAN) dan Penilaian Acuan Patokan (PAP).
Pendekatan penilaian dalam kurikulum 2013 didasarkan pada KKM.
Pada Bab 9 membahas Penentuan Kriteria Ketuntasan Minimal. Analisis
kriteria ketuntasan minimal sangat penting dilakukan untuk mengetahui tingkat
ketercapaian KKM yang ditetapkan. Manfaat analisis tersebut adalah sebagai
dasar untuk melakukan tindak lanjut pembelajaran. Tindak lanjut tersebut
dilakukan untuk memperbaiki dan menyempurnakan pelaksanaan pembelajaran dan
penilaiannya. Menurut permendikbud no 81 A tahun 2013 menyatakan bahwa
ketuntasan minimal untuk seluruh kompetensi dasar pada kompetensi pengetahuan
dan kompetensi keterampilan yaitu 2,66 (B-). Pencapaian minimal untuk
kompetensi sikap adalah B. Kompetensi yang belum tuntas dituntaskan melalui remedial
sebelum melanjutkan pada kompetensi berikutnya.[1]
[1] Sunarti, dkk.
2014. Penilaian dalam Kurikulum 2013 Membantu Guru dan Calon Guru Mengetahui
Langkah-langkah Penilaian Pembelajaran Dilengkapi Pedoman Teknis Penilaian
Autentik dan Teknik Penilaian Hasil Belajar (Aspek Kognitif, Afektif, dan
Psikomotor). Yogyakarta: CV. Andi Offset
Komentar
Posting Komentar